Sabtu, 12 Agustus 2017

Mitos Seputar Karbohidrat.


Banyak sekali yang bernggapan jika karbohidrat itu bikin kita gendut atau jadi penyebab kencing manis, karbohidrat seringkali disangkut pautkan dengan diet, kan sekarang ada jenis diet karbo yaitu diet yang sama mengurangi konsumsi karbohidrat.

Pertanyaannya kenapa karbohidrat harus dihindari padahal manfaatnya lebih besar. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita, sehingga mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat adalah suatu kebutuhan.

Di bawah ini ada beberapa mitos di akalangan masyarakat, yang di ragukan kebenaran apakah mitos itu benar atau sangat salah, berikut penjelasannya :

1.     Katanya Karbohidrata Menyebabkan Gemuk.

Seperti yang sudah di sebutkan pada penjelasan di atas bahwa sanya karbohidrat yang membuat kita gemuk sehingga sekarang banyak terobosan diet yang mengurangi konsumsi karbohidrat.

Namun pada kenyataannya mitos ini salah, karbohidrat tidak bisa di salahkan sebagai biangnya gendut, karena pada kenyataanya karbohidrat menyebabkan gendut jika mengkonsumsinya di tambah dengan makanan yang mengandung protein, dan lemak yang tidak di perhatikan berapa porsi yang di anjurkan.

2.    Katanya Karbohidrat Penyebab Diabetes Militus Tipe 2.

Sama seperti halnya karbohidrat yang menyebabkan gendut, mitos ini pun tidak sepenuhnya salah, namun yang harus di garis bawahi adalah karbohidrat bukan penyebab terjadinya diabetes militus tipe 2 melainkan hanya menjadi faktor resiko meningkatkan resiko mempunyai panyakit diabetes, selain karbohidrat ada banyak fator penyebab diabetes militus seperti genetik, diet, usia, kelebihan berat badan atau bisa jadi kuaranya aktifitas fisik yang kamu lakuakan.  Mitos tentang karbohidrat yang dapat menyebabkan diabetes ini adalah salah.

Selain itu penderita diabetes harus menjauhi karbohidrat. Diet merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi kadar gula darah orang dengan diabetes. Diet yang buruk dapat membuat kondisi penyakit diabetes makin memburuk, sedangkan diet yang baik dapat membantu mengontrol kadar gula darah orang dengan diabetes.

Dalam diet penderita diabetes, menghilangakan asupan karbohidrat bukan pilihan yang baik, untuk mengontrol gula darah kamu cukup memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi yang diimbangi dengan olahraga teratur.

3.    Katanya Sumber Karbohidrat Hanya Nasi Dan Roti.

Kebanyakan orang hanya mengetahui jika sumber karbihidrata hanya bisa di temukan pada nasi dan roti saja, padahal pada kenyataanya itu adalah salah besar. Sumber karbohidrat pada makanan banyak macamnya, makanan yang mengandung karbohidrat anataralain kentang, ubui, singkong, pasta, dan bihun bisa kamu konsumsi untuk kamu yang enggan makan nasi.

Selain umbi-umbian sayuranpin mempunyai sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan yang di dalamnya tidak hanya mengandung karbohidrat melainkan sumber nutrisi lainnya seperti serat yang tinggi yang dapat membuatmu kenyang lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar