Senin, 14 Agustus 2017

Ini Peranan Ibu Untuk Menagajarkan Pola Hidup Sehat Di Lingkungan Keluarga.


Selain memasak, memperhatikan segala kebutuhan rumah, ternyata ibu juga memiliki tugas untuk mengajarkan pola hidup sehat kepada semua anggota keluarga, pola hidup sehat bisa ibu ajarkan sedini mungkin pada anak anda, bila di lakukan secara terus menerus hal itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan berdampak positive pada kesehatan ibu dan anggota keluarga lainnya.

Nah di bawah ini ada beberapa pola kegiatan yang bisa ibu mulai terapkan di rumah untuk membiasakan pola hidup sehat, berikut cara-caranya :

1.  Mengkonsumsi makanan sehat.

Ini bisa dengan mudah ibu lakukan karena andalah yang memegang urusan makanan, anda hasru menentukan makanan yang baik untuk kesehatan. jika membeli makanan pertimbangkan nutirisi yang terkandung pada makanan yang anda beli.

Anda bisa memperbanyak bahan makanan yang mengandung nutrisi seperi serat. protein, kalsium, multi vitamin dan sumber nutrisi baik lainnya. Kurangi membeli makanan berpengawet atau mekanan yang mengandung mecin tinggi.

Jika anda pergi keluar untuk makan, hindari restoran makanan junk food, fast food atau jenis makanan lainnya yang bisa membuat kesehatan keluarga anda terganggu. Lalu untuk menghindari anak anda jajan saat di sekolah bekali anak anda dengan bekal dari rumah, buat inovasi setiap harinya agar anak anad tidak bosan mengkonsumsinya.

2.  Olahraga teratur.

Saat anda terbiasa melakukan olahraga, maka secara otomatis ada dorongan dari diri anda untuk melihat anggota keluarga lainnya untuk ikut rutin melakukan olahraga. lakukan olahraga yang bisa dilakukan bersama seperti jogging , bersepeda, renang, dan olahraga berkelompok lainnya.

3.  Menciptakan kebiasaan sehat.

Sebagian contoh kebiasaan sehat yang baik untuk keluarga dapat mengacu pada 10 indikator nasional Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yakni: Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberikan bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Menerapakan hidup sehat memenag sulit, namun jika dilakukan dengan ikhlas dan meilki niat untuk sehat semuanya akan berjalan dengan mudah, lakukan hal mudah terlebih dahulu dengan selalu memperhatikan pola makan, tidur dan jauhi kebiasaan seperti meroko dan minuman seperti alkohol dan soda, setelah itu anda bisa imbangi dengan olahraga teratur dan jangan lupa untuk mulai memberi sugesti baik kepada keluarga tentang manfaat hidsup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar