Senin, 14 Agustus 2017

Mengenal Infeksi Telinga Pada Bayi.



Jika telinga bayi anda mengalami bengkak dan merah, di sertai dengan demam dan terlihat seperti menarik-narik telinga mereka, bisa jadi itu salah satu indikator jika bayi anda mengalami infeksi pada telinga. Infeksi yang umum terjadi pada bayi adalah otitis media akut.

Infeksi ini terjadi pada telinga bagian tengah dengan tenggorokan yang di sebut dengan saluran tuba eustachius, pada bayi dan anak bentuk tuba lebih pendek, lebar, dan lebih horizontal dari pada orang dewasa, hal ini memberi efek pada telinga karena bakteri dapat lewat dengan mudah dan mencapai teling atengah, hingga muncullah otitis media akut.

Pada bayi, infeksi sulit untuk dikenali karena bayi belim bisa menagatakan apa yang mereka rasakan, seperti yang sudah di jelaskan gejala dapat di lihat saat anak mengalami demam dan terdapat bengkak pada telinganya, namun untuk lebih jelasnya berikut beberapa gejala yang biasa di timbulkaninfeksi ini :

  • Demam yang suhunya dapat mencapai lebih dari 39 derajat.
  • Sangat rewel dan sering menangis ketika ia berbaring. Hal ini merupakan tanda bahwa bayi Anda kesakitan akibat tekanan di telinga yang meningkat.
  • Menarik-narik telinga.
  • Sulit tidur.
  • Tidak berespon terhadap suara.
  • Adanya cairan atau nanah yang mengalir keluar dari telinga. Hal ini merupakan tanda bahwa gendang telinga bayi sudah pecah akibat tekanan yang terlalu tinggi.
  • Adanya bekas cairan yang mengering (krusta) di sekitar telinga.
  • Hilang keseimbangan akibat pusing.

Lalu apa yang harus di lakukan saat bayi anda mengalami gejal yang di sebutkan di atas.? 

Pertama anda bisa membawa bayi ke dokter spesilalis, untuk di periksa, dokter akan memeberi penangana berupa pemberian obat antibiotik bila itu diperlukan. Namun jika infeksi sudah parah, dokter akan menga,bil tindakan opersi untuk melakukan tindakan pemasangan pipa ventilasi (ventilation tube) di gendang telinga guan mengeluarkan cairan telinga yang terperangkap[ dan melncarkan udara.

Selain penanganan dokter, anda juga dapat melakukan penanganan di rumah, cara yang dapat dilakukan cukup mudah untuk mengurangi gejala dari infeksi otitis media akut, berikut penjelasannya :

1.  kompres hangat.

Kompres hangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada telinga anak, lakukan kegiatan ini selama 10-15 menit.

2.  Pemberian acetaminophen.

 Acetaminophen dapat di berikan jika usia bayi telah memasuki usia 6 bulan atau lebih, pemeberian obat ini dapat mengurangi rasa sakit pada telinga bayi. Tapi ingat penggunaan obat ini harus dengan anjuran dokter.

 3.  Berikan bayi anda minum.

 Minum dapat membantu drainase cairan yang berada di tuba eusthachius.

 4.  Angkat kepala bayi.

Sama seperti dengan memberi minum efek penanganan inipun dapat melancarkan drainase sinus. Pastikan ketika bayi tidur kepala bayi terangkat dengan menggunakan bantal.

Bila infeksi ini di biarkan, akan menganggu fungsi telinga. Jika infeksi berulang dapat menyebabkan gendang telinga karena akumulasi cairan terus menerus dapat mempengaruhi getaran di gendang telinga, sedangkan pendengan seseorang di pengaruhi oleh getaran di gendang telinga  serta struktur-struktur yang terlibat pada telinga tengah.

Cara untuk mencegah infeksi ini terjadi sangat mudah, anda hanya perlu memperhatiakan bagaimana cara anda merawat bayi, berikut beberapa caranya :

  • Berikan bayi Anda ASI. Risiko infeksi telinga dapat menurun karena adanya antibodi dalam ASI.
  • Pastikan posisi bayi Anda duduk ketika sedang minum susu.
  • Cegah terjadinya pilek pada bayi Anda.
  • Hindari bayi dari alergi. Alergi dapat menyebabkan adanya produksi cairan yang dapat menyumbat tuba eustachius sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi telinga.
  • Jangan terpapar rokok. Bayi yang terpapar dengan asap rokok memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita infeksi telinga.
  • Vaksinasi. Bawa bayi Anda ke dokter untuk mendapatkan vaksin flu dan pneumococcal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar