Rabu, 21 Juni 2017

Obati Maag Dengan Gaya Hidup dan Pola Makan Anda

Obati Maag Dengan Gaya Hidup dan Pola Makan Anda




Tidak hanya obat maag yang dapat menyembuhkan maag kronis, tetapi juga perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat wajib dilakukan, ini merupakan cara alami yang dapat Anda terapkan selama sakit maag berlangsung atau ketika sudah sembuh agar tidak terulang lagi.

Makanan yang baik untuk penderita maag adalah makanan yang mempunyai tekstur lembut dan tidak mempunyai rasa yang tajam, sehingga tidak merangsang produksi asam lambung. Menu makanan sehat untuk penderita maag juga harus memperhatikan banyaknya porsi makanan.

Porsi makanan tidak perlu terlalu banyak, cukup porsi kecil namun sering, setidaknya dalam selang waktu tiga jam sekali. Makanan juga harus memenuhi kecukupan nilai gizi bagi tubuh baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan juga air.

Menu makanan yang memiliki kandungan gas berlebih seperti kubis, kembang kol, brokolli, nangka, durian, kopi, minuman bersoda dan makanan atau minuman yang mengandung alkohol harus dihindari.

Menu makanan sehat uuntuk penderita maag sebaiknya tidak menggunakan bumbu yang tajam seperti asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis, cabai, cuka dan lada. Karena semua bahan tersebut dapat merangsang produksi asam lambung.

Selain itu, hindari pula makanan yang sulit dicerna seperti ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart dan lainnya. Hindari pula makanan yang berserat tajam seperti kedondong dan nanas.
Untuk proses memasak menu makanan sehat untuk penderita maag disarankan adalah makanan yang direbus dan dikukus. Tujuannya supaya menghasilkan makanan yang bertekstur lembut atau lunak. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng atau dibakar dapat mengubah tekstur makanan menjadi lebih kering, liat dan keras. Minyak yang tersisa dalam makanan juga dapat merangsang rasa mual pada penderita maag.

Selain dengan memerhatikan pola makan, juga sebaiknya hindari penggunakan obat pereda nyeri. Jika Anda menggunakan obat penghilang rasa sakit secara teratur, misalnya ibuprofen atau aspirin, maka tanyakanlah kepada dokter apakah parasetamol dapat menjadi pilihan untuk Anda. Karena obat yang satu ini cenderung lebih aman digunakan pada orang dengan masalah lambung.

Yang Terakhir adalah kendalikan setres Anda. Stres dapat membuat gejala maag menjdi semakin buruk. Stres mungkin sulit untuk dihindari, tapi Anda dapat belajar untuk mengendalikan dan mengatasinya. Jika Anda memiliki kesulitan untuk santai, pertimbangkan kegiatan-kegiatan yang dapat menenangkan, seperti ibadah khusuk, meditasi, yoga atau tai chi.


Hal utama untuk bebas dari maag adalah memperhatikan serta menjaga pola makan sehat, hidup teratur dan istirahat yang cukup. Menu makanan sehat untuk penderita maag sebenarnya cukup sederhana saja, namun memang harus disiplin melaksanakannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar