Jumat, 16 Juni 2017

Mitos Telinga Berdengung

Mitos Telinga Berdengung

Sebagian masyarakat sudah sangat familiar dengan mitos yang satu ini. Hal ini disebabkan oleh mitus turun temurun sejak jaman dulu. Yang kita tahu, mitosnya jika telinga berdengung berarti ada yang sedang membicarakan kita. sehingga jika telinga berdengung pada jam-jam tertentu, maka akan ada pertanda/firasat ini dan itu.



Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya yang menyebabkan telinga berdengung adalah adanya gelembung suara yang tidak masuk dengan baik akibat adanya kotoran atau peradangan pada telinga.  Penanganannya yaitu cara membersihkan kotoran tersebut.

Kedua, penyebab telina berdengung adalah gendang telinga yang meradang sampai berlubang/bocor. Faktor penyebab gendang telinga bocor kerana sering flu, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Penanganannya adalah dengan menyembuhkan radangnya, gendang telinga yang bocor ditutup kembali, flu dan hidung tersumbat disembuhkn dengan meminum obat flu.

Ketiga penyebab telinga berdengung yaitu kelelahan pada sensor dan saraf telinga. Penyebabnya yaitu sura bising mesin, sering memakai headset dalam waktu lama atau menelepon menggunakan handphone. Sehingga telinga menjadi berdengung. Faktor lain yaitu adanya penyakit lain seperti kencing manis.

Jadi, sudah jelas ketika telinga kita  berdengung bukan disebabkan oleh orang yang membicarakan keburukan kita melainkan karena adanya penyumbatan kotoran atau radang telinga.

Sugesti ini bisa membuat orang menjadi reaktif karena terlalu percaya kepada mitos dan akan mempengaruhi tingkah laku, sikap, dan keyakinan. Membuat stress. Stress ini dapat timbul karena memikirkan sesuatu yang belum terjadi contohnya, jika seseorang mempercayai mitos akan bernasib sial maka ia akan stress dan ketakutan sehingga tidak berani melakukan apapun.
Bergantung dan berharap kepada mitos yang di yakini.

Dari pada kita meyakii kabar tersebut yang membeir efek kurang baik, sebaiknya segera lakukan penanganan untuk membuat telinga kembali normal. Salah satunya dengan obat bahan alami, di antaranya sebagai berikut :

  • Bawang Putih


Caranya cukup mudah. Kita cukup merebus bawang putih yang telah dihaluskan hingga mengeluarkan minyak. Gunakan minyak tersebut sebagai obat tetes pada telinga berdengung.

Selain dengan direbus, kita jga menyeduh bawang putih yang telah dihaluskan bersama dengan air hangat. Masukan seduhan bawang putih tersebut ke botol. posisikan botol tersebut sehingga uapnya tepat menuju lubang telinga. Minyak yang berasal dari bawang putih di yakini dapat mengobati radang teliga yang menyebabkan oleh infeksi.

  • Buah Manggis dan Murbei


Buah manggis dan murbei dapat menyembuhkan telinga berdengung yang disebabkan oleh infeksi atau hipertensi. Caranya cukup sediakan 3 buah manggis yang diambil buahnya, 30 gr buah murbei kerig, serta 60 gr buah murbei segar. Belender 3 buah tersebut secara bersamaan. Lalu minumlah jus manggis dan murbei tersebut setiap hari sampai telinga berdengung sembuh.

  • Daun Tempuyung


Kita cukup menyediakan 5 lembar daun tempuyung, daun pegangan dan angelica kering masing-masing sebayak 15 gr. Rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga air  tersisa 1/3nya. Minumlah ramuan tersebut 3x sehari.

  • Minyak Zaitun


Kita cukup mencampurkan minyak zaitun dengan sari bunga mullein. Diamkan ramuan tersebut selama satu malam. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut sebagai obat tetes.

  • Daun Dewa


Caranya cukup mudah. Kita cukup menyediakan daun dewa dan daun pegangan kering masing-masing 15 gr. Keduaya kemudian direbus menggunakan sebanyak 700 ml hingga menyusut dan tersissa 300 ml lagi. Minumlah air rebusan tersebut 2x sehari.

  • Daun Sambiloto


Caranya, kita cukup mengahaluskan daun sambiloto, lengkuas merah, dan daun miana. Campurkan ketiga bahan tersebut, kemudian ambil sarinya dan gunakan sebagai obat tetes telinga.

Itulah beberapa bahan alami dan tradisional yang dapat meredakan telinga berdengung tanpa katanya/mitos. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar