Senin, 07 Agustus 2017

InI Yang Menjadi Akibat Telinga Sering Gatal.





Sebagian orang masih berpikir saat telinga gatal adalah hal yang wajar, memang tidak dapat di simpulkan saat telinga gatal dapat menyimpulkan suatu masalah, tapi jika gatal yang kamu rasakan sudah tidak wajar kamu harus waspadai. Tidak ada salahnya bila kamu mengetahui penyakit seperti apa, yang bisa menyerang kamu dengan telinga sering gatal.


1. Infeksi Telinga (Otitis eksterna)

Infeksi ini bisa di derita oleh siapa saja baik dewasa maupun anak-anak yang biasa menghabiskan waktu dengan berenang, infeksi ini terjadi pada bagian telinga yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga, sisa air yang belum keluar akhirnya mengendap di sana yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri Pseudomonas aeruginosa, infeksi ini selain menimbulkan gatal dan nyeri bisa juga menyebabkan telinga merah dan bengkak, selain berenang penyebab dari Otitis eksterna bisa jadi karena garukan, gesekan penggunaan hadphone, dan penggunaan cotton bud.

Infeksi ini bisa di katakan ganas apabila sudah menyebar samapai ke bagian telinga bagian luar dan wajah, jika terus di biarkan infeksi ini bisa menyebabkan kematiaan karena bakteri ini mneyerang kekebalan tubuh dan menyerang otak,

2.   Psoriasis.

Penyakit ini di tandai dengan munculnya ruam merah, kulit menebal, terkelupas, dan terasa kering serta bersisik, walau penyakit ini biasanya menyerang tubuh bagian lutut, punggung bagian bawah, siku, dan kulit kepala. Tapi psoriaris juga dapat menyerang telinga kamu. Kelompok usia anatara 15-35 tahun rentan mengalami penyakit ini.

3.  Kulit Kering.

Saat produsi lilin pada telinga yang berfungsi menjadin pelumas mengalami masalah, akan menyebabkan telinga kamu menjadi kering yang akhirnya akan menimbulkan rasa gatal pada telinga kamu.

4.   Dermatitis Saluran Telinga.

Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada kulit dalam telinga dan saluran telinga. Umumnya kondisi ini dapat terjadi sebagai reaksi alergi terhadap benda asing, seperti penggunaan perhiasan atau produk kecantikan.

5.  Penggunaan alat bantu dengar

Telinga dapat bereaksi alergi terhadap alat bantu dengar yang digunakan. Selain itu, alat ini juga dapat menyebabkan air terjebak di dalam telinga.

6.    Rhinitis.

Rhinitis di awali dengan perdangan pada lapisan rongga hidung yang terjadi secara terus menerus, Rhinitis alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mendeteksi dan mengusir benda asing atau sumber penyebab alergi dengan mengeluarkan histamin. Selain hidung berair dan sering bersin, gatal pada telinga dapat terjadi.

7.   Penumpukan Lilin Telinga.

Hal ini di sebakan oleh penggunaan cottob bud yang mengakibatkan lilin telinga semakin terdorong ke dalam dan mengakibatkan gatal dan nyeri.

Penanganan telinga gatal akan disesuaikan dengan penyebab terjadinya kondisi tersebut. Secara umum, berikut cara-cara yang dapat dilakukan:

  • Jika disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan, maka pemakaiannya harus dihentikan.
  • Hindari memasukkan benda ke dalam telinga yang berisiko menyebabkan iritasi.
  • Bersihkan telinga secara teratur pada dokter THT atau pakailah obat tetes telinga yang dapat dibeli bebas. Hindari membersihkannya sendiri dengan benda-benda, seperti cotton bud atau penjepit rambut.
  • Kenakan perhiasan anti-alergenik untuk menghindari gatal akibat alergi.
  • Orang yang sering berenang dapat mengenakan penutup telinga atau membersihkan air yang masuk ke telinga secara teratur.


Walau penyakit yang di timbulkan tidak terlalu berbahaya, tetap saja dapat merugikan kesehatan kamu. Tidak ada salahnya jika kamu merasakan ciri-ciri di atas kamu mengonsultasikannya kepada Dokter terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar